Cara Memilih Kertas Printer

Semua orang ingin tahu tentang kartrid inkjet yang benar untuk printernya, tetapi bagaimana dengan kertas printer? Printer inkjet dan laser dapat mencetak pada berbagai permukaan, termasuk kertas foto, label, kartu nama, stiker, dan transfer kaos. Salah satu keunggulan terbesar printer laser adalah kemampuannya menghasilkan cetakan berkualitas di hampir semua kertas. Namun, hal yang sama tidak berlaku untuk printer inkjet. Meskipun sebagian besar pencetakan inkjet Anda mungkin melibatkan kertas putih standar, ketika datang ke media ini, Anda mungkin memiliki lebih banyak pilihan daripada yang Anda sadari. kunjungi juga ditumbas.com yang membahas berbagai informasi terupdate seputar teknologi,gadget dan berita lainnya.

Cara Memilih Kertas Printer

Kertas Printer Inkjet
Meskipun kertas printer standar dapat melakukan pekerjaan dengan baik, hasil cetak Anda mungkin akan lebih baik jika Anda menggunakan kertas yang khusus dibuat untuk printer inkjet. Kualitas hasil cetak Anda dipengaruhi oleh dua faktor utama: kecerahan dan penyerapan.

1. Kecerahan
Ketika jenis kertas diiklankan lebih terang dari rata-rata, ini mengindikasikan bahwa permukaan kertas lebih halus dari rata-rata. Kelancaran halaman menentukan jumlah cahaya yang dipantulkan dari permukaannya. Faktor ini juga menentukan seberapa terang gambar Anda muncul di halaman. Semakin cerah atau halus kertas printer, semakin baik hasil cetak Anda akan muncul.

2. Penyerapan
Dalam hal ini, jika kertas printer menyerap lebih sedikit tinta, dokumen Anda pasti akan terlihat lebih baik. Saat kertas menyerap tinta, titik-titik kecil pada halaman dapat menyebar ke luar batasnya. Ini dapat menyebabkan tepi teks dan gambar pada halaman terlihat kabur dan basah. Untuk mengatasi masalah ini, kertas printer berkualitas dilapisi dengan zat lilin yang mencegah penyerapan tinta oleh kertas. Kertas yang dilapisi dengan baik memungkinkan pencetakan yang lebih presisi dan lebih halus. Secara umum, sebagian besar printer di pasaran mencetak pada resolusi yang lebih tinggi pada kertas yang dilapisi daripada pada kertas standar.

Kertas Bermerek – Untuk Membeli atau Tidak Membeli
Bukan rahasia lagi bahwa nama-nama besar di printer, seperti HP, Canon, dan Epson, menawarkan jajaran lengkap tinta dan kertas. Setiap perusahaan mengklaim bahwa Anda akan mendapatkan hasil terbaik ketika Anda menggunakan produknya dengan printernya, dan memperingatkan Anda untuk menghindari produk yang dijual oleh perusahaan lain.
Secara umum, mereka benar. Dalam hal printer inkjet, khususnya, perusahaan merancang printer, tinta, dan kertas untuk bekerja sama untuk menghasilkan hasil terbaik. Jika Anda menggunakan kertas pihak ketiga dengan printer inkjet Anda dari produsen nama besar, tinta mungkin menyebar terlalu jauh ke dalam kertas sebelum pengeringan, menyebabkan warna yang tidak akurat, resolusi cetak yang lebih rendah, dan hasil akhir yang kusam. Plus, ada kemungkinan bahwa cetakan akan memudar lebih cepat.

Bagaimanapun juga, pilihan ada di tangan Anda. Mencetak foto yang luar biasa dari printer inkjet adalah hal yang sulit, membutuhkan kesesuaian yang sempurna antara tinta, kertas, dan printer untuk bekerja bersama; dan perusahaan tidak membuatnya mudah di kantong konsumen. Anda dapat mencapai solusi paling ekonomis melalui sedikit eksperimen.

Atau, printer laser dapat mencetak dokumen teks biasa atau grafik berkualitas draf dengan kemudahan yang sama, dan Anda dapat menyimpan salinan putih terang atau kertas laser dari toko peralatan kantor Anda sesuka hati.

Melewati Jargon
Untuk mengetahui apakah paket kertas di rak sesuai untuk printer Anda, cukup baca cetakan kecil yang biasanya mencantumkan perusahaan dan model yang kompatibel. Selain itu, jika Anda tertarik pada pencetakan foto berkualitas tinggi, Anda biasanya dapat melihat apakah kertas tertentu membuat nilai.

Misalnya, beberapa kertas mungkin memiliki deskripsi yang tidak biasa seperti “swellable” atau “cotton rag.” Kertas membengkak dirancang untuk pencetakan foto berkualitas tinggi — permukaan yang dilapisi sebenarnya membengkak saat menyerap tinta. Kain katun sangat ideal untuk printer inkjet yang menggunakan tinta berbasis pigmen; sebagian besar printer inkjet murah, di sisi lain, menggunakan tinta berbasis pewarna, jadi Anda harus menghindari kain katun dalam hal ini.

Kertas berkualitas tinggi juga memiliki lapisan polimer — untuk tinta berbasis pewarna dan pigmen — yang membuat tinta tidak menyebar, dan melindungi tinta agar tidak memudar seiring waktu. Namun, kertas yang dilapisi dapat memakan waktu beberapa jam untuk mengeringkan cetakan Anda sepenuhnya. Kertas berkualitas lebih baik juga dapat diiklankan sebagai bebas asam dan bebas lignin; ini menunjukkan bahwa kertas Anda lebih cenderung memberi Anda kualitas gambar terbaik dan rentang hidup keseluruhan terbaik.

Daftar periksa
Penting untuk diingat bahwa sebagian besar kertas printer foto bermerek dari nama perusahaan, termasuk yang terkenal, hanya cocok untuk dicetak pada 1440 dan 2880 DPI. Berikut adalah daftar periksa sederhana untuk membantu Anda saat memutuskan kertas foto inkjet yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Selalu periksa DPI (Dots Per Inch) dari kertas printer foto.

DPI adalah indikator seberapa banyak tinta yang dapat diserap kertas foto per inci pada halaman. Menggunakan kertas foto DPI rendah untuk pencetakan resolusi tinggi akan menghasilkan cetakan berkualitas buruk. Biasanya, jika penjual tidak mengiklankan DPI kertas foto dan kartu inkjet-nya, maka kemungkinannya sangat rendah dan karenanya kertas kelas rendah.

2. Pastikan kertas foto kering instan.

Kertas foto yang lebih murah mungkin tidak dirancang untuk mengering secara instan dan dapat menyebabkan warna menjadi buram atau noda saat tinta meresap ke dalam kertas. Sekali lagi, jika penjual tidak mengiklankan fitur ini, maka kemungkinan tidak ada.

3. Tentukan berat kertas foto inkjet yang Anda butuhkan.

Meskipun berat kertas dan kartu foto berbeda-beda, bobot paling umum adalah antara 120gsm hingga 280gsm.

Jika Anda mencetak dalam jumlah besar, maka 120gsm biasanya cukup dan hemat biaya. Jika Anda mencetak foto di rumah, maka 160gsm hingga 200gsm sudah cukup. Beli kertas printer glossy jika Anda ingin gambar mengkilap, dan kertas matt jika bersinar tidak menjadi masalah bagi Anda.

Sebagai aturan umum, semakin besar beratnya, semakin tebal kertas foto atau kartu.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *