Woven Geotextile Sebagai Perkuatan Tanah Dasar Pada Konstruksi Jalan

Tanah di Wilayah Indonesia ini sebagian besar adalah tanah lunak sehingga jika ingin mendirikan bangunan atau membuat jalan diatasnya wajib dilakukan perkuatan terlebih dahulu. Jika dahulu orang-orang hanya melakukan pengurugan pada tanah lunak, namunĀ  untuk kapasitas beban tertentu pengurugan biasa tidaklah cukup.

Karena tanah urugan yang bercampur dengan tanah lunak jika mendapat tekanan beban tertentu akan membuat tanah lunak menjadi turun otomatis juga akan menarik turun tanah perkerasan diatasnya sehingga dapat membahayakan kondisi bangunan atau konstruksi di atasnya.

Solusinya adalah menggunakan material geosintetik jenis Geotextile Woven, material ini sering juga disebut sebagai karpet tanah, ya pemasangannya memang digelar di atas tanah lunak seperti karpet dan berfungsi sebagai separator antara tanah perkuatan di atasnya dan tanah lunak dibawahnya.

Di Indonesia sendiri banyak yang menjual Geotextile Woven maupun Geotextile Non Woven, jadi anda tidak perlu khawatir kesulitan mendapatkan material ini.

Geotextile Woven ini memiliki beragam spesifikasi dan penggunaanya tergantung dari kondisi tanah dan beban yang nantinya akan ditahan. Namun secara garis besar Woven geotextile ini berfungsi untuk menyebarkan beban dari atas secara merata sehingga meminimalisir terjadinya penurunan tanah akibat beban di atas tanah.

Gambar diatas adalah ilustrasi pemasangan Geotextile selain berfungsi untuk meratakan beban dan separator, Geotextile ini juga berfungsi sebagai filtrasi sehingga air yang mengalir di dalam tanah tetap tidak terganggu namun juga tidak membawa agregat perkerasan tanah bercampur dengan tanah lunak karena terlah terfilter oleh geotextile woven.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.